BBHAR PDI Perjuangan Menilai Seleksi PPDB SMPN Dibawah Kepemimpin Kadis Dikbud Dr. Tirto Adi, M.Pd Berjalan Sukses dan Lancar

PPDB Tingkat SMAN Jalur Zonasi Proses , Ada Warga Yang Mengeluh Soal Indentitas KK

Tampilan online seleksi PPDB SMPN dan SMAN di Kabupaten Sidoarjo update hari ini, Minggu (03/07/2022). (foto : dar)

SIDOARJO – WARTANUSA.COM
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Kabupaten Sidoarjo secara online sudah usai. Terakhir seleksi Jalur Zonasi dan Afirmasi (siswa miskin) di umumkan pada 17 Juni 2022. Untuk Daftar ulang di jadwalkan pada 18 – 21 Juni 2022.

HM. Daryanto, Sekretaris Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sidoarjo.

Sekretaris Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sidoarjo, HM. Daryanto menilai PPDB SMP Negeri di Kota Delta Sidoarjo ini berjalan sukses dan lancar. Meski ada kekurangan itu hal yang sangat wajar. Setiap program ada plus minus nya.

“Masukan dari masyarakat tentang kekurangan seleksi PPDB tingkat SMP Negeri di Sidoarjo sangat banyak. Namun menurut kami hal itu masih sangat wajar. Kekurangan tersebut semoga dijadikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo sebagai perbaikan mutu seleksi PPDB SMP Negeri ke depan,”tegas Kaji Dar sapaan akrab HM. Daryanto sebagai Pemerhati Pendidikan di Sidoarjo yang menjabat Sekretaris BBHAR DPC PDI Perjuangan yang selalu welcome mendampingi rakyat yang membutuhkan pendampingan hukum ini secara gratis.

Lebih lanjut Wakil Ketua PWI Sidoarjo (2019 – 2022) dan Penasehat PWI Sidoarjo (2022 – 2025) ini menilai bahwa seleksi PPDB SMP Negeri dibawa Kepemimpinan Kepala Dikbud Sidoarjo, Dr. H Tirto Adi, M.Pd ini cukup tegas dalam menerapkan dan menjalankan aturan yang ada. “Selain tegas, beliau juga sangat bijak sebagai pemimpin menjalankan tugasnya,”ungkap Kaji Dar.

Selain itu, Kaji Dar juga memberikan apresiasi kepada lembaga Civitas Akademik dari ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Negeri Surabaya yang dipercaya oleh Dikbud Sidoarjo dalam mengelola online seleksi PPDB SMP Negeri Sidoarjo yang sukses dan tampilannya bagus. Mudah dipahami semua jadwal dan tahapan di umumkan di online PPDB.

“Namun ke depan, kami berharap. Online PPDB sebelum di buka. Terlebih dahulu di sosialisasi kepada siswa/wali murid tingkat SD kelas 6. Agar mereka bisa mendaftar sendiri dan bisa meng-upload berkas syarat yang dibutuhkan saat mendaftar. Sehingga tidak bergantung kepada orang lain. Di era digital ini masyarakat sudah pegang handphone (hp) yang ada fasilitas internet. Sehingga sangat mudah untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat,”pungkas Kaji Dar wartawan Harian Bangsa (2000 – 2014) dan wartawan Harian Pagi Memorandum (2014 – 2022 atau sampai sekarang freelance) dan sebagai Pemred media online wartanusa.com.
Kini saatnya untuk melakukan pengamatan dan pendampingan kepada masyarakat seleksi PPDB tingkat SMA Negeri di Sidoarjo. Jalur Zonasi sudah di lalukan. Namun beda pengelola, tingkat SMA Negeri awal jalur Zonasi diterapkan sudah dikelola oleh Dikbud Provinsi Jawa Timur. Bahkan awal dilaksanakan program ini, masyarakat sempat aksi demo ke Pemerintah Dikbud Jawa Timur yang digelar didepan gedung Grahadi masyarakat sangat kaget penerapan program jalur seleksi sistem Zonasi.

Bahkan jalur Zonasi ini diterapkan hingga sekarang masyarakat sangat banyak mengeluh. BBHAR DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sidoarjo yang peduli pendidikan ini terus menerima laporan dari masyarakat. Berbagai informasi jalur Zonasi baik plus dan minus dari masyarakat terus ditampung untuk perbaikan ke depan lebih baik.

“Pendidikan harus di utamakan. Generasi kita, kita didik dengan baik. Negara kita ke depan pasti akan lebih baik. Amin.
Sekretaris BBHAR DPC PDI Perjuangan, HM. Daryanto akan membahas segala laporan dari masyarakat saat menemui kendala PPDB anaknya mulai dari teknis hingga aturannya mencoba untuk menemui Kepala Cabang Dikbud Jawa Timur di Sidoarjo, H. Lutfi. Karena masih hari libur, akan dikonfirmasi pada hari kerja.

Pelaksanaan PPDB tingkat SMA Negeri ini beberapa jalur sudah selesai. Terakhir, jalur Zonasi yang dilaksanakan pada 1-2 Juli 2022. Untuk rangking sementara sudah terpampang nama nama siswa yang lolos seleksi Zonasi. Pagu kelas juga di sebutkan di online PPDB.

Sementara itu panitia PPDB Dikbud Jatim juga memberikan kesempatan pengambilan PIN sampai pada 4 Juli pukul 12.00 WIB Besok hari Senin.

BBHAR Sidoarjo ada pengaduan wali murid yang resah. Walimurid ini identitasnya KK dan KTP Surabaya. Sudah lama tinggal di Sidoarjo belum di pindah. Anaknya juga sudah lulus di SMPN 3 Sidoarjo.  Karena awam dengan syarat dan pengambilan PIN daftar PPDB. Waktu pengambilan PIN di awal menggunakan KK Surabaya. Sementara tidak dilampiri dengan surat domisili Ketua RT, RW dan Kepala Desa tempat rumah tinggalnya di Sidoarjo. Saat daftar di SMAN Sidoarjo tidak masuk. Karena KK Surabaya.

Hal inilah yang bakal dibahas BBHAR menemui Kepala Cabang Dikbud Jawa Timur di Sidoarjo. Bagaimana solusinya, karena siswa tersebut berhak untuk bisa sekolah di Sidoarjo.  (dar/nata/red/bersambung)