Bupati Mudhlor : GP Ansor Potret Visioner Masa Depan

Menteri Desa dan PDT, Halim Iskandar yang juga Ketua DPW PKB Jatim.

SIDOARJO – Ketua PC GP Ansor Sidoarjo terpilih masa jabatan 2020 – 2024, H. Reza Ali Faizin dilantik oleh PW GP Ansor Jawa Timur di Fave Hotel, Jumat (2/4/2021).

Turut menyaksikan, pelantikan PC GP Ansor Sidoarjo, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI, Wakil Ketua PP GP Anshor yang sekaligus anggota DPR RI, Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, Ketua PC NU Sidoarjo, dan Pengasuh Ponpes Al Amanah Krian, FKUB Sidoarjo.

Pelantikan PC GP Ansor Sidoarjo tahun ini berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Tahun ini dihadiri lengkap mulai dari Menteri, Anggota DPR RI hingga Bupati Sidoarjo, semuanya dari unsur GP Ansor. Anggota DPR RI yang hadir, Syaikhul Islam, yang juga kakak dari Bupati Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor.

Pelantikan PC GP Ansor Sidoarjo ini dengan suasana persahabatan yang kental, namun tetap berjalan dengan khidmat.

Ketua PC GP Ansor Sidoarjo, Gus Reza, mengatakan pelantikan kali ini mengambil tema “ Pemuda Masa Depan Desa, Desa Maju Bangsa Sejahtera”. Tema ini merupakan hasil dari kajian, telaah dan ijtihad dari para sahabat, untuk menginspirasi langkah kita 4 tahun kedepan”menjadi lebih baik.

“Anshor yang kemarin hasil akreditasi dan konferensi alhamdulillah Gus Menteri, dari 18 PAC semua dapat akreditasi A, informasi dari pengurus PW baru Sidoarjo yang semua mendapat akreditasi A,”ucapnya.

Ini artinya ada kajian khusus, kalau yang kemarin sahabat- sahabat Ansor bekerjasama dengan kecamatan bergerak di level kecamatan, ke depan sahabat – sahabat bergerak di level ranting / desa.

Ketua GP Ansor Sidoarjo, H Reza Ali Faizin saat dilantik.

Masih menurut Gus Reza, hari ini program kerja Menteri Desa sangat relevan dengan sahabat Ansor. Apalagi Sidoarjo dari para pendamping 50 persen lebih itu sahabat Ansor, sehingga nilai – nilai Aswaja sangan kental sekali.

Reza menambahkan, untuk tagline pada periode kedua ini adalah “Ansor Mbois (Muhdlor Bandi Optimis Inspiratif dan Spirit)”. Ansor yang punya andil ditengah – tengah masyarakat bukan penyakit masyarakat.

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor, menaruh harapan besar GP Ansor bisa bersinergi dengan Pemkab Sidoarjo. GP Ansor saat ini adalah suatu potret visioner kedepan.

“Ingat Ansor adalah bagian dari solusi, tapi kalau jenengan bukan bagian dari solusi berarti jenengan adalah bagian dari masalah,”katanya.

Ia ingin ke depan bagaimana banyak pendamping desa semua dari Ansor. ” Saya harap akan ada sistemanisasi, ada sinergitas disana antara RPJMD dan RPJMDes, walaupun rentangnya berbeda, saya harapkan ada keselarasan disini,”harapnya.

Sementara, Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi RI, Drs. A. Halim Iskandar yang juga Ketua DPW PKB Jatim senang dengan tagline Ansor Sidoarjo, karena ini sama halnya dengan mengcover program – program kementerian desa.

“Artinya Ansor Sidoarjo tanggap dan paham betul terhadap berbagai permasalahan yang ada di Kabupaten Sidoarjo, ini akan menjadi percepatan pembangunan di Desa, ketika penggunaan dana desa dikawal betul pemanfaatannya dan rujukannya jelas yaitu SDGs Desa,”jelas Gus Halim Iskandar. (dar)