Gelang Sabet Penghargaan Bupati Sidoarjo, Sebagai Desa Penerimaan PBB-P2 Terbaik

Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor, S.IP saat memberikan penghargaan kepada Kepala Desa Gelang, Dedy Dwi Nugroho. Desa Gelang Kecamatan Tulangan dinilai sebagai Desa Penerimaan PBB-P2 terbaik 2022.

SIDOARJO – Pemerintah Desa (Pemdes) Gelang Kecamatan Tulangan meraih penghargaan dari Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor, S.IP, Rabu (2/11/2022). Penghargaan diberikan oleh Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati Sidoarjo itu karena Pemdes Gelang dinilai sebagai Desa penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)-Pedesaan dan Perkotaan (P2) terbaik Tahun 2022.

Penghargaan diterima oleh Kepala Desa (Kades), Dedy Dwi Nugroho. Selain mendapat penghargaan, Pemdes Gelang juga diberi hadiah 1 Unit Sepeda Motor oleh Gus Muhdlor.

“Saya berharap Desa Gelang yang mendapatkan hadiah, dapat menjadi penyemangat untuk desa lain dalam memacu penerimaan PBB di wilayahnya masing-masing,”tegas Gus Muhdlor.

Pemdes Gelang menduduki peringkat pertama capaian pajak PBB-P2. Dan mengalahkan 17 desa lainnya dengan perolehan penerimaan sebesar 71.75%. Angka tersebut berdasarkan dari kumulatif perhitungan jumlah SPPT  dan nilai realisasi penerimaan PBB-P2.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan atas tingginya capaian pajak PBB-P2 yang diperoleh oleh 18 desa tesebut selama periode per September 2022,”jelas Kepala BPPD Sidoarjo, H. Ari Suryono.

Mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP itu menerangkan, ketercapaian yang diraih oleh Desa Gelang tidak lepas dari kerjasama antar stakeholder. Mereka juga melakukan penyampaian SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang) kepada seluruh warga secara menyeluruh.

Desa Gelang juga sangat massif dalam menghimbau warganya untuk membayar PBB.

Selain itu kontribusi yang dilakukan oleh desa-desa lainnya dalam memperoleh penerimaan PBB-P2 juga turut memberikan kontribusi besar di Tahun 2022.

Desa lainnya pada Tahun 2022 cukup memberikan progres yang cukup pesat bila dibandingkan dengan periode sebelumnya. “Selama periode per September 2022 jumlah ketercapaian yang diperoleh dari hasil pajak PBB sebesar 92,43%. Jumlah ini naik dari tahun sebelumnya yakni 2021 yang hanya mencapai 78,04%,”pungkasnya. (dar) 

Editor : Ariyanti Lady Sakinata, SH/Redaktur Pelaksana