Guna Memutus Rantai Penyebaran Covid-19, Pemdes Pilang Laksanakan PPKM

Pj Kepala Desa Pilang, H Muhammad Yusuf

SIDOARJO – Pemerintah Desa (Pemdes) Pilang, Kecamatan Wonoayu, membentuk posko gugus tugas penanganan covid-19 yang ada di pendopo balai desa setempat. Tujuannya, untuk menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dimulai sejak 11 sampai 25 Januari 2021.

Penerapan PPKM ini dalam rangka pengendalian dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo. Pj Bupati Sidoarjo telah mengeluarkan instruksi yang intinya membatasi seluruh kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan yang rentan penyebaran Covid-19 pada saat ini.

Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang selama ini di hadapi. 

Pj Kepala Desa (Pj Kades) Pilang, H Muhammad Yusuf  mengatakan, kebijakan PPKM yang diberlakukan di Desa Pilang meliputi penerapan protokol kesehatan yang ketat di instansi dan di masing – masing dusun. Kegiatan belajar-mengajar-pun dilakukan secara daring (online).

Kegiatan rumah makan, PKL dan usaha sejenisnya untuk makan dan minum di tempat juga dibatasi. Untuk layanan makanan melalui pesan-antar dibawa pulang tetap diizinkan sampai dengan pukul 21.00 WIB. 

Posko gugus tugas penanganan Covid-19 dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sedangkan untuk jam operasional Pusat Perbelanjaan, Indomaret, Alfamaret, Alfamidi juga dibatasi. Untuk  tempat ibadah tidak ditutup melainkan dibatasi secara ketat dengan kapasitas maksimal hanya diperbolehkan 50 persen dari hari biasanya dengan menerapkan protokol kesehatan.

H Muhammad Yusuf  menambahkan, untuk menekan angka penurunan Covid-19 ini, kegiatan masyarakat yang bersifat menimbulkan keramaian dan kerumunan juga batasi. Kegiatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan dan desa diaktifkan kembali dengan  semaksimal mungkin. 

“Kami sebagai Pemerintah Desa berharap, semoga dengan terlaksananya PPKM ini wilayah Kabupaten Sidoarjo, Dan Pemerintah Desa cepat pulih seperti sediakala dan bangkit dari masa pandemi yang selama ini kita hadapi,”harap Pj Kades Pilang. (ed/dar)