Guna Meningkatkan Ketahanan Pangan, Pemdes Wonoayu Bantu Obat-Obatan Pertanian

Puluhan petani warga Desa Wonoayu diundang Pemdes untuk musyawarah desa guna pemberian bantuan obat-obatan pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan.

SIDOARJO – WARTANUSA.COM

Sebanyak 85 petani warga Desa Wonoayu diundang Pemerintah Desa (Pemdes) setempat guna mengikuti musyarawah petani dalam rangka turun tanam Gaduan. Dalam musyawarah dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) Wonoayu, H Supriyadi, B.Sc.

Ketua Gapoktan, Supono, mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Wonoayu yang telah membantu obat-obatan pertanian. Sehingga petani merasa diayomi untuk menanam padi. Di persawahan Blok Juwet.

“Kami merasa bangga karena Pemdes Wonoayu sangat peduli kepada kelompok petani dengan memberikan bantuan obat-obatan pertanian. Sehingga kami merasa diayomi,”ujar Supono.

Disamping itu Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Wonoayu, Nur Salim mengatakan bahwa petani Wonoayu melalui Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) kompak untuk melaksanakan turun tanam dengan bibit yang sama. Sehingga dapat mengurangi serangan hama.

 “Kami sebagai petugas PPL sangat terbantu untuk meningkatkan ketahanan pangan. Karena Pemdes Wonoayu, petani dan Gapoktan sangat kompak disini,”tegas Nur Salim.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres Nomor 104 Tahun 2021, diharapkan Pemdes melalui DD (Dana Desa) bisa mengalokasikan untuk meningkatkan Ketahanan Pangan melalui Peraturan Desa (Perdes). (dar/red)