Inilah Kelebihan dan Kekurangan Sistem Work From Home yang Populer Sejak Pandemi

Ilustrasi work from home. (wartanusa.com/nkamila)

LHOKSEUMAWE – WARTANUSA.COM, Work From Home (WFH) merupakan konsep kerja di mana perusahaan mengizinkan pekerjanya untuk melakukan aktifitas pekerjaan di kantor dari rumah. Kebijakan WFH ini baru populer di kalangan pekerja sejak 2 tahun terakhir pada masa pandemi Covid-19.

Sebenarnya konteks WFH ini tidak mutlak bekerja dari rumah saja. Anda bisa bekerja dari mana saja kecuali dari perkantoran. Sistem ini dilakukan agar perusahaan tetap terus bergerak dan mencegah penularan Covid-19. Akan tetapi, WFH sendiri memiliki sisi kelebihan dan kekurangan masing masing.

Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan WFH? Berikut ini kami rangkum kelebihan WFH berdasarkan berbagai sumber:

  • Fleksibel Dalam Mengerjakan Pekerjaan
    Dalam bekerja, WFH lebih fleksibel terutama saat merasa jenuh bekerja. Ada bisa berpindah tempat dari meja kerja menuju ruang tamu, teras, taman, kamar atau ruangan lain di rumah yang nyaman untuk bekerja. Bahkan ada bisa bekerja di cafe dan pantai jika ingin memilih suasana yang lebih menyenangkan. Selain fleksibel masalah tempat bekerja, dalam hal waktu juga fleksibel karena bisa disesuaikan. Namun tidak semua perusahaan memiliki jam yang fleksibel, ada juga yang memiliki jam kerja sesuai dengan jam kerja saat di kantor.
  • Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan
    Tidak hanya bermanfaat bagi karyawan, perusahaan juga merasakan manfaat work from home. Kegiatan WFH bisa membantu perusahaan untuk mengecilkan biaya pengeluaran kantor seperti biaya ruang kantor, listrik, dan keperluan lainnya.
  • Memungkinkan Perusahaan Merekrut Pekerja dari Berbagai Tempat Tinggal dan Latar Belakang
    WFH juga memungkinkan perusahaan merekrut pekerja yang lebih beragam, baik itu dari luar kota atau penyandang disabilitas yang mungkin memiliki keterbatasan untuk pergi ke kantor. Tentu hal ini akan menciptakan lingkungan kerja yang beragam sehingga dapat menerima berbagai perbedaan.
  • Lebih Dekat dengan Keluarga
    Dengan bekerja dari rumah, Anda bisa lebih dekat dengan keluarga. Hal ini juga memberikan keuntungan bagi ibu yang bekerja, karena mereka tidak perlu meninggalkan anaknya dan tetap bisa bekerja dengan maksimal.
  • Mengurangi kemacetan, kepadatan transportasi umum dan bakar bakar
    Saat bekerja dari rumah Anda tidak perlu berkendara atau naik transportasi umum ke kantor, sehingga jika sistem WFH dilakukan secara masif maka akan mengurangi kemacetan dan mengurangi penggunaan bahan bakar.
  • Mengurangi penularan virus Covid-19
    Kelebihan yang paling utama dirasakan dari sistem ini adalah mengurangi resiko penularan virus Covid-19 dan penyakit menular lainnya seperti flu dan batuk.
Ilustrasi WFH.

Sedangkan kekurangan dari WFH dapat disimak berikut ini:

  • Susah Memonitoring Karyawan
    Untuk memonitoring pekerja saat melakukan WFH lebih susah ketimbang bekerja di kantor secara langsung. Jika perusahaan Anda sudah memiliki sistem yang baik untuk memonitor setiap pekerja dan tidak terlalu kaku dalam hal peraturan, maka ini bukan menjadi masalah yang besar.
  • Banyaknya Gangguan
    Tidak setiap pekerjaan yang dilakukan dari rumah bisa berjalan dengan mulus. Banyak sekali gangguan terutama dari anak dan keluarga atau suasana yang terlalu berisik. Hal ini bisa mengurangi motivasi karyawan dalam bekerja
  • Miskomunikasi
    Komunikasi menjadi tantangan terbesar saat bekerja dari rumah. Anda harus selalu online dan mudah dihubungi, sehinga saat ada diskusi atau koordinasi tidak ketinggalan info. Frekuensi komunikasi juga harus dilakukan sesering mungkin untuk menjaga komunikasi antar tim bisa berjalan dengan baik dan tidak terjadi miskomunikasi.
  • Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah
    Kekurangan work from home yang terakhir adalah tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Beberapa profesi juga tidak memungkinkan untuk bekerja dari rumah seperti supir, dokter gigi, dokter bedah, perawat, pegawai pelayanan umum, security, dan sebagainya.
  • Sosialisasi yang Kurang Terbangun Antar Pekerja
    Work from home  membuat antara karyawan satu dan lainnya tidak saling kenal. Sosialisasi antar pekerja yang hanya dilakukan melalui media online juga tidak selamanya efektif. Kurangnya sosialisasi antara pekerja membuat sesi sharing pekerjaan tidak berlangsung terbuka, padahal hal ini dibutuhkan untuk melancarkan pekerjaan.

Lalu bagaimana solusi dari perusahaan dalam menyikapi kelebihan dan kekurangan dari WFH ini? Beberapa perusahaan telah menetapkan kebijakan hydrid atau 50% WFO (work from office) dan 50% WFH. Sehingga para karyawan bisa secara bergantian bekerja dari kantor dan rumah. (nkamila/nata/a)