Inovasi Media Pembelajaran, Dosen Polije Gunakan Aplikasi Pengenalan Buah Bilingual berbasis Sistem Cerdas sebagai Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat

Dosen Politeknik Negeri Jember saat memberikan edukasi popular fruit menggunakan pendekatan bilingual pada anak usia dini untuk proses peningkatan pembelajaran dan boosting kognitif. (Istimewa-wartanusa.com)

JEMBER – Tim Dosen Politeknik Negeri Jember, bersama dengan empat orang mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian masyarakat menggunakan media pembelajaran berbasis sistem cerdas, Sabtu (17/09/2022).

Media pembelajaran ini bertema pengenalan buah-buahan dengan dwibahasa yang didiseminasikan kepada peserta didik Kelompok Belajar (KB) Nurul Kharomah, yang berdiri dari tahun 2010 dan dipimpin oleh Ibu Dra.Badiatun Zuhro sebagai kepala sekolah.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada inovasi media pembelajaran bagi anak usia dini contohnya penerapan sebuah aplikasi pengenalan buah-buahan “Popular Fruit”.

Aplikasi media pembelajaran Popular Fruit ini menggunakan mini studio box, dilengkapi kamera yang terhubung dengan komputer atau laptop. Sehingga ketika buah dimasukkan kedalam mini studio box, kamera mengcapture buah dan mengirimkan foto tersebut ke dalam aplikasi, kemudian ia akan mengenali dan mengeluarkan suara sesuai dengan nama buah yang tertangkap kamera. Suara yang dioutputkan dari aplikasi adalah nama buah dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Aplikasi Popular Fruit diharapkan menjadi sebuah media pembelajaran yang inovatif, guna menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efektif, efisien dan menyenangkan bagi anak usia dini.

Siswa-siswi KB Nurul Kharomah yang bersemangat saat mencoba aplikasi “Popular Fruit”. (Istimewa-wartanusa.com)

Ketika aplikasi ini di luncurkan pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022, 24 siswa KB Nurul Kharomah antusias dan bersemangat untuk mencoba aplikasi “Popular Fruit”. Selain belajar nama buah-buahan dalam dwibahasa, siswa KB Nurul Kharomah juga berpartisipasi meletakkan buah-buahan di depan kamera.

Menurut Ibu Zilvanhisna Emka Fitri, S.T., M.T. selaku ketua tim, aplikasi ini dikembangkan dalam kurun waktu 2 bulan.

“‘Kegiatan ini adalah salah satu perwujudan tridharma perguruan tinggi yaitu program pengabdian kepada masyarakat dengan skema penerapan IPTEK Masyarakat (PIM). Penerapan IPTEK yang diusung adalah aplikasi hasil karya mahasiswa D4 Teknik Informatika pada mata kuliah Workshop Pengolahan Citra dan Vision (TIF150705) sebagai wujud penerapan Problem Based Learning,” ucap Zilvanhisna Emka Fitri.

Ibu Lalitya Nindita Sahenda, S.Pd., MT juga menambahkan, aplikasi ini diharapkan dapat membantu guru di TK Nurul Kharomah sebagai media pembelajaran interaktif bagi peserta didik, sehingga peserta didik dapat belajar nama buah-buahan dalam dwibahasa dengan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan. (dar/nata/red).

Editor : Ariyanti Lady Sakinata/Redaktur Pelaksana