Kenali Manfaat Niacinamide Pada Skincare

Ilustrasi Kandungan Niacinamide Pada Skincare. (wartanusa.com/image source : journal sociolla)

LHOKSEUMAWE-WARTANUSA.COM, Niacinamide merupakan bahan aktif turunan vitamin B3 yang terdapat dalam kandungan skincare. Kandungan ini menjadi salah satu bahan baku skincare yang sangat populer di kalangan beauty enthusiast.

Niacinamide ini disukai banyak orang karena efeknya yang sesuai dengan harapan seperti mencerahkan dan menghilangkan bekas jerawat.

Ilustrasi produk skincare seperti ; face wash, toner, pelembab, serum dan sunscreen. (wartanusa.com/image source : pinterest)

Perlu diketahui, Niacinamide dapat ditemukan di hampir semua produk skincare seperti pembersih wajah, toner, pelembab, serum dan sunscreen.

Niacinamide biasanya terkandung dalam produk yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan kulit seperti garis-garis halus, kerutan, jerawat, eksim, perubahan warna kulit, rosacea, pori-pori besar, kulit berminyak dan kerusakan akibat sinar matahari. Dan kandungan ini relatif lembut dan aman digunakan, bahkan hampir cocok oleh semua jenis kulit.

Berdasarkan informasi yang dikutip oleh tim wartanusa dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat niacinamide:

  1. Mengurangi kemerahan. Niacinamide mengurangi peradangan, yang dapat membantu meringankan kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi kulit inflamasi lainnya.
  2. Meminimalkan tampilan pori dan menjaga kulit tetap halus dan lembab.
  3. Mengontrol kadar minyak para kulit. Kandungan niacinamide tidak hanya cocok untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering. Niacinamide juga dapat membantu mengontrol kadar minyak yang diproduksi oleh kulit.
  4. Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Niacinamide dapat membangun kembali sel-sel kulit yang sehat sekaligus melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.
  5. Mengobati hiperpigmentasi. Beberapa penelitian telah menemukan konsentrasi niacinamide 5% dapat membantu dalam mengurangi bintik hitam. Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi kolagen.
  6. Meminimalkan garis-garis halus dan kerutan. Penelitian juga menemukan bahwa konsentrasi yang sama sangat membantu dalam mengurangi beberapa tanda kerusakan akibat sinar matahari yang mengakibatkan penuaan dini seperti garis halus dan kerutan.
  7. Melindungi dari radikal bebas. Niacinamide membantu membangun sel-sel di kulit sekaligus melindunginya dari tekanan lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, dan racun.
  8. Mengobati jerawat. Niacinamide dapat membantu untuk jerawat parah, terutama bentuk peradangan seperti papula dan pustula. Seiring waktu, Anda mungkin melihat lebih sedikit lesi dan memperbaiki tekstur kulit
Salah satu produk skincare lokal yang mengandung niacinamide.
(wartanusa.com/image source : akun instagram wardahbeauty)

Berapa lama efek niacinamide terlihat pada kulit?

Dikutip dari beautynesia, niacinamide akan memberikan efek dalam waktu 8-12 minggu. Selain itu niacinamide juga cenderung aman digunakan di berbagai kalangan usia.

Selain itu, sejauh ini belum ada penelitian yang menyebutkan secara spesifik berapa usia yang diperbolehkan untuk menggunakan niacinamide, namun kandungan ini terdapat pada hampir setiap produk skincare di pasaran. (nkamila/nata)