Komisi A dan B Rekomendasi Akses Jalan Masuk Apartemen Sun City Residence Dihentikan Sementara

WARTANUSA, Sidoarjo –  Komisi A dan B DPRD Sidoarjo akhirnya memberikan rekomendasi akses jalan Apartemen Sun City Residence dihentikan sementara. Surat rekomendasi penghentian pembangunan apartemen akses jalannya melewati aset daerah diareal Sun City Mall sudah dikirim ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo bulan lalu.

“Iya, rekom komisi sudah dikirim ke Sekda melalui ketua komisi,”tegas HM Agil Effendy, SE Jumat (19/6/2020).

Mantan Ketua Komisi B menjelaskan, bahwa surat rekomendasi yang dilayangkan dua lembaga dewan itu sekitar 11 Maret 2020 lalu. “Tapi sayangnya dari eksekutif belum ada tindaklajut,”jelas Agil, demikian sapaan akrab politisi Partai Demokrat yang menjabat tiga periode ini.

Agil menambahkan berdasakan hasil rapat A dan B dengan dinas terkait yang dihadiri Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Perumahan, Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang, Bagian Hukum Setda, Bagian Pemerintah Setda, pada hari Rabu (11/3/2020) pukul 09.30 WIB.

“Membahas tentang perijinan, kerjasama dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari Aset Daerah,”terang legislator Partai Demokrat yang berangkat dari Dapil I (Sidoarjo, Buduran, Sedati) ini.

Pada hearing yang dilaksanakan oleh Komisi A dan B dengan dinas terkait memberikan rekomendasi sebagai berikut :

  1. Terkait akses jalan masuk menuju Apartemen Sun City Residence yang melintasi area Sun City adalah aset milik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Untuk itu menunggu pembahasan dengan dinas terkait dan dimohon kegiatan harus dihentikan sementara.
  2. Perlu adanya Adendum perjanjian kerjasama Nomor : 17 Tahun 2003 s/d 2033 antara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan PT Indraco/Sun City harus dikaji dan dievaluasi karena kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama ini tidak sesuai /kurang rasional.
  3. Terkait Suncity Biz semua bentuk perijinan termasuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) ke Pemerintah Kabupaten Sidoarjo perlu dikaji karena selama ini belum ada kontribusi ke Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.
  4. Pada hearing pertama yang dilaksanakan pada hari Jumat (6/6/2020) pukul 09.30 WIB dan hearing berikutnya hari Rabu (11/6/2020) pukul 09.30 WIB, pihak manajemen PT Indraco/Sun City mengabaikan undangan koordinasi antara Komisi A dan B.

Ditempat terpisah Ketua Komisi B, H Bambang Pujianto, S.Sos membenarkan jika akses jalan masuk Apartemen yang melintasi area Sun City Mall dihentikan sementara. Karena akses jalan masuk itu merupakan aset daerah yang hanya disewa oleh PT Indraco/Sun City Mall.

“Iya diberhentikan sementara,”ujarnya saat dikonfirmasi wartanusa.com.

Rekomendasinya sudah dikirim ke Pemkab? “ Iya benar. Kita sekarang sambil menunggu perjanjian yang lebih jelas untuk PAD,”jelas mantan Ketua Komisi B yang menjabat dua periode sampai saat ini. (adv/dar/humas-dprd-sda)