Marilah Jernih Deteksi Realitas Aparatur Desa Ala Ketua Dewan

Ketua DPRD Sidoarjo, H Usman, M.Kes sambil berdiri dan berjalan menghampiri peserta sosialisasi saat menyampaikan materinya di Aula Kantor Kecamatan Wonoayu, Kamis (21/10/2021). (foto : kaji dar/wartanusa.com).

SIDOARJO – WARTANUSA.COM
Sekilas cuplikan kita mengikuti Ketua DPRD Sidoarjo, H Usman, M.Kes saat mengisi sebagai narasumber (Narsum) sosialisasi pembinaan dan pemberdayaan aparatur desa di Aula Kantor Kecamatan Wonoayu, Kamis (21/10/2021).
Kegiatan yang di ikuti kepala desa (kades), sekretaris desa (sekdes) dan kaur pemerintahan dari 23 desa itu, ketua dewan asal PKB menyampaikan sejumlah materinya yang sudah dipersiapkan dengan matang.

Diantaranya materi yang disampaikan mengulas tentang Marilah Jernih Deteksi Realitas Aparatur Desa, tujuannya ; bukan sarana atau senjata mendegradasi aparatur. Mengetahui bakat dan potensi sebagai upaya penguatan dan percepatan peningkatan kualitas aparatur.

“Memahami perilaku dan motivasi sebagai pelaksana progam pembangunan,”kata H Usman.
Menguatkan etos kerja, yakni dalam rangka penguatan kualitas sumber daya aparatur yang bersernigitas. Mengakomodir pendapat dan dukungan tokoh masyarakat.

“Komunikasi dengan tokoh masyarakat itu sangat penting untuk menemukan solusi salah satu faktor penghambat, yaitu faktor usia,”ucapnya.

Mendesain program pelatihan yang sesuai kemampuan, bakat, minat untuk peningkatan motivasi dan etos kerja. “Inilah salah satu penentu terwujudnya harapan masyarakat agar bisa menikmati hasil pembangunan,”cetus politisi PKB yang akan melenggangkan karir politiknya di jenjang dewan propinsi ini.

Sementara tuan rumah Camat Wonoayu, Probo Agus Sunarno menyambut baik kegiatan tersebut bersama Kasipem (Kasi Pemerintahan), Dian. Kapolsek dan Danramil juga tampak hadir. Sedangkan H Usman datang ke Wonoayu bersama Rojik, anggota dewan sesama PKB.(dar)