Pemdes Ketimang Gelar Musyawarah Uji Tes 14 Calon Pengurus BUMDes

Pj Kepala Desa Ketimang, Karen Agung Wibowo

SIDOARJO – Musyawarah merupakan suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan (mencari jalan keluar) guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan masalah yang menyangkut urusan keduniawian. Pemerintah Desa (Pemdes) Ketimang, Kecamatan Wonoayu, telah melaksanakan rapat pembentukan kepengurusan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang digelar di Pendopo Balai Desa setempat Senin (18/1/2021) malam kemarin.

Hadir dalam acara tersebut  Pj Kepala Desa (Pj Kades), Ketua RT, RW, Anggota BPD, LPM, PKK, Kepala Dusun, pendamping desa, 14 peserta calon manager BUMDes, Karang Taruna dan Perwakilan dari Tokoh Masyarakat.

Kegiatan musyawarah dipimpin oleh Ketua BPD, Pj Kepala Desa  memberikan sambutan dan tidak memiliki hak suara dalam pemilihan Pengurus BUMDes.

Pj Kepala Desa Ketimang, Karen Agung Wibowo menyampaikan, BUMDes di Desa Ketimang baru didirikan di Tahun 2019, karena melihat dari faktor SDA (Sumber Daya Alam), SDM (Sumber Daya Manusia) dan permodalan.

“Sebenarnya BUMDes di desa-desa lain sudah mulai berjalan hanya saja di Desa Ketimang baru akan dimulai. Penyebabnya, karena banyak pertimbangan dan skala prioritas yang harus diutamakan. Ada tiga rencana Unit usaha BUMDes yang akan dijalankan yaitu, Pujasera, Sewa stan penjualan, dan lain sebagainya,”jelas Pj Kades Ketimang, Karen Agung Wibowo.

Acara Musyawarah Pemilihan Pengurus BUMDes Ketimang di Pendopo Balai Desa setempat.

Untuk menentukan siapa  Ketua Pengurus (Manager), dan Wakil pengurus, Unit Usaha diadakan Uji Tes bakal calon yang di ikuti 14 peserta. Antara lain; Bimaim Munhamir, Hj. Nurul Khasanah, Sunarsi, Aspar, Nyunting Rahayu, H Fatkul Jamil, Ibnu Rusdi, Cicik Hartini, Aldi Alfakhriji, Ririn Ambar Wati, Yoga Andika Satriya, Muhammad Avianto, Muhammad Khafid, dan H Imam Purwanto.

Dari ke 14 bakal calon nantinya yang di ambil hanya 3 orang, semuanya merupakan warga desa setempat. Melihat semangat warga desa membuat keadaan diselimuti nuansa kegembiraan. Karena warga mau turut andil dalam memajukan desa-nya sendiri. 

Semoga dengan terpilihnya Ketua Pengurus, dan wakil pengurus BUMDes Ketimang dapat melaksanakan tugasnya dengan baik terutama mampu memajukan desanya. Dan dapat menunjukan kepada desa lain bahwa di Desa Ketimang dapat bersatu dan mampu mengembangkan BUMDes dengan baik. (ed/dar)