Pemdes Ketimang Salurkan Bantuan UMKM dari Bantuan Keuangan Pemkab Sidoarjo

Kades Ketimang, H Abdul Wahab saat membagikan bantuan UMKM dari dana BK Pemkab Sidoarjo untuk warganya.

SIDOARJO – Penyerahan bantuan modal Usaha Mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bersumber dari Bantuan Keuangan (BK) Kabupaten Sidoarjo, kini telah di bagikan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Ketimang, Kecamatan Wonoayu. Bantuan modal usaha tersebut dibagikan kepada 101 KPM dalam rangka penanganan dampak Ekonomi akibat Covid-19, Rabu ( 28/4/2021).

“Nantinya penerima bantuan modal usaha ini dapat memanfaatkan bantuan yang telah diberikan secara maksimal untuk mendorong pemulihan ekonomi daerah,”kata Kepala Desa (Kades) Ketimang, H Abdul Wahab.

Dari kiri, H Atok Ashari anggota DPRD Sidoarjo dari PKS hadir saat pembagian bantuan UMKM didesanya. Kades Ketimang, H Abdul Wahab saat memberikan sambutan.

Kades Ketimang, H Abdul Wahab mengatakan, bahwa pemberian bantuan modal usaha merupakan bentuk kepedulian pemerintah. Dengan disalurkan bantuan tersebut bisa dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, seperti yang kita ketahui bahwa covid-19 sangat berdampak disemua sektor terutama disektor perekonomian.


“Kami sebagai pemerintah Desa Ketimang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah yang telah memberikan bantuan modal usaha ini, tentu sangat membantu bagi UMKM yang ada di Desa Ketimang. Dana tersebut sangat membantu meneruskan usaha warga kami,”ungkap Kades Ketimang, H Abdul Wahab.

Bantuan Keuangan ini merupakan hasil penggodokan antara Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sidoarjo yang melibatkan 50 anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo. Bantuan Keuangan ini disalurkan sesuai dengan hasil usulan musyawarah desa, kecamatan yang melibatkan anggota dewan di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing.

Kades Ketimang memberikan bantuan UMKM kepada warganya. Bantuan tersebut bersumber dari Bantuan Keuangan Pemkab Sidoarjo.

Bantuan Keuangan tersebut bisa digunakan bantuan pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19 juga bisa dalam bentuk penanganan infrastruktur pembangunan fisik desa. Sesuai dengan kebutuhan desa. Misalkan ada juga yang digunakan untuk pavingisasi, pembangunan musola, rehab kantor desa dan sebagainya.

Saat pembagian bantuan UMKM dari dana BK itu dihadiri oleh H Atok Ashari anggota DPRD Sidoarjo dari PKS. Ia juga mantan Kades setempat yang juga warga asli Ketimang.(ed/dar)