Pemdes Tanggul Salurkan Bansos BLT-DD Tahun 2021 Untuk 95 KPM

Kades Tanggul, Syaiful Akhmadi saat memberikan bantuan BLT-DD Tahun 2021 kepada Sarto salah satu penerima.

SIDOARJO – Pemerintah Desa (Pemdes) Tanggul, Kecamatan Wonoayu kembali menyalurkan Bantuan
Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) Tahap 1, 2 dan 3. Bantuan Sosial (Bansos) yang bersumber anggaran dari
dana desa Tahun Anggaran (TA) 2021 tersebut disalurkan kepada 95 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akibat terdampak pandemi Covid-19.

Kegiatan yang digelar di Pendopo Kantor Desa setempat Senin (5/4/2021) yang dihadiri oleh Kepala Desa Tanggul, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pendamping desa.

Kepala Desa (Kades) Tanggul, Syaiful Akhmadi mengatakan, bahwa penerima BLT -DD di desanya sebanyak 95 KPM yang telah memenuhi tiga kriteria, yakni, berpenghasilan rendah, belum mendapatkan bansos dari
pemerintah dan terdampak situasi pandemi
covid-19.

Sekdes Tanggul, Abdul Muid didampingi H Agus Babinkamtibmas Polsek Wonoayu, serta perangakat saat menyalurkan Bansos BLT-DD Tahun 2021, Senin (5/4/2021).

“Tidak mudah mencari warga dengan kriteria tersebut, sebab sebagian warga
sudah mendapat Bansos lain dari pemerintah, seperti PKH, BPNT, JPS dan BST,”tegas Kades Tanggul, Syaiful Akhmadi.

Untuk itu sebagai bentuk kehati-hatian,
pendataan daftar penerima kami lakukan dengan Musyawarah Desa. Prosesnya, setelah ada usulan dari RT, RW, relawan atau satgas covid-19 desa.

Syaiful Akhamadi menjelaskan, pihaknya masih membuka peluang apabila masih ada warga yang berhak mendapat bantuan sosial terkait covid-19 tapi ternyata masih lolos. Masyarakat bisa melakukan laporan dan usulan ke Pemdes, lalu laporan dan usulan tersebut akan diteruskan ke Pemkab Sidoarjo untuk diverifikasi.

“Pantas atau tidak warga itu mendapat bantuan. Itu pun masih diverifikasi di tingkat kecamatan dan kabupaten. Penyaluran BLT – DD kepada keluarga penerima manfaat dilakukan selama tiga bulan. Sedangkan besar bantuan yang diberikan senilai Rp 900 ribu per bulan untuk setiap KPM,”terangnya. (ed/dar)