Pemdes Wonoayu Fasilitasi Gebyar UMKM di Lapangan Mulyodadi

UMKM PKK Desa Wonoayu menjual produk-produk unggulan desa hasil karya para ibu-ibu PKK di Bazar Lapangan Mulyodadi, Kecamatan Wonoayu.

SIDOARJO – WARTANUSA.COM

UMKM atau yang sering disebut dengan usaha mikro, kecil, dan menengah mempunyai peran yang sangat penting dalam memajukan dan mendorong perokonomian suatu negara. Bagi Indonesia sendiri UMKM mempunyai peran yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Dalam rangka memulihkan perekonomian Indonesia karena pandemi Covid-19, pemerintah, melalui Kecamatan Wonoayu menggalakkan beberapa program termasuk untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah). Dengan, adanya UMKM di Kecamatan Wonoayu dapat mengurangi pengangguran yang diakibatkan tidak terserapnya angkatan kerja dalam dunia kerja. Peran UMKM yang begitu penting bagi perekonomian diharapkan Pemerintah terus berupaya mendukung UMKM untuk terus maju.

Melalui peran serta Kecamatan Wonoayu beberapa UMKM Desa terus digalakkan untuk tetap bersaing dalam mengedepankan produk produk unggulan desa. Begitu juga Pemerintah Desa Wonoayu, melalui Kegiatan Bazar UMKM Pemdes Wonoayu berperan aktif dalam mengembangkan produk – produk unggulan desa, salah satunya herbal Jamu tradisional.

Bazar UMKM yang di gelar di Lapangan Sepakbola Desa Mulyodadi, Kecamatan Wonoayu itu menghadirkan beragam UMKM sekitar Kecamatan Wonoayu. Dengan Adanya Kegiatan bazar tersebut dapat membantu UMKM dan para pelaku ekonomi kreatif agar lebih produktif sehingga dapat menggerakkan perekonomian khususnya di Kecamatan Wonoayu.

“Pandemi Covid-19 yang berjalan hampir tiga tahun telah menjadi tantangan dan berdampak pada aktivitas ekonomi dan banyak sektor, termasuk pelaku UMKM. Adaptasi dan transformasi menjadi kunci agar pelaku UMKM agar terus berusaha. Lewat Gebyar UMKM Kecamatan Wonoayu Tahun 2022 ini, UMKM Desa Wonoayu ingin berkontribusi terhadap tumbuh kembang sektor UMKM Wonoayu,” kata Siti Artiningsih selaku Ketua TP PKK dan Ketua UMKM Desa Wonoayu. 

Nur Kholilah Anggota UMKM Desa Wonoayu menambahkan, ia berharap kedepannya lebih banyak lagi kegiatan yang sama yang dapat dilakukan demi kemajuan perekonomian dalam penyelenggaraan Gebyar UMKM berikutnya. (dar/red)