Pemdes Wonoayu Lakukan Musdes Khusus Menetapkan Calon KPM BLT-DD Tahun 2021

Kades Wonoayu, Supriyadi, BSc saat memimpin musyawarah desa khusus menetapkan calon KPM BLT-DD, Rabu (31/3/2021).

SIDOARJO – Musyawarah Desa (Musdes) adalah musyawarah antara Badan Permusyawaratan Desa, Pemerintah Desa (Pemdes) dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa untuk menyepakati hal yang bersifat strategis sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa.

Sehubungan dengan adanya bencana non alam yang diakibatkan oleh penyebaran pandemi Covid-19 yang berdampak bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat Desa.

Dalam rangka penanganan dan penyebaran pandemi Covid-19 di desa melalui penggunaan dana desa dapat digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penduduk miskin di desa. Sebagaimana tercantum pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 40/PMK/07/2020 tentang Perubahan Atas Peranturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Musyarawah desa khusus membahas calon KPM BLT-DD, Rabu (31/3/2021) malam.

Untuk menindak lanjuti tentang Pengelolaan dana desa melalui BLT-DD kepada penduduk miskin, Pemerintah Desa Wonoayu Kecamatan Wonoayu rabu (31/3/2021) malam melaksanakan acara Musdes Khusus penetapan penerima Bantuan BLT-DD di pendopo balai desa setempat.

Hadir dalam acara tersebut, Babinsa Desa, Babinkantibmas Desa, Pendamping Desa, BPD, LPMD, RT, RW, PKK, dan waraga desa setempat.

Kepala Desa Wonoayu Supriyadi, BSc mengatakan, Musdes Khusus ini dilakukan agar sesuai aturan mekanisme secara benar maka tidak akan menimbulkan persoalan di kemudian hari. BLT DD ini merupakan langkah terakhir untuk menolong warga yang miskin. Untuk itu jangan sampai salah sasaran dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Verifikasi dan Validasi BLT DD dalam Musdes khusus ini telah memutuskan  dan menetapkan nama warga masyarakat  desa yang berhak menerima bantuan tersebut. 

“Semoga dengan adanya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ini tepat sasaran dan benar-benar membantu perekonomian warga masyarakat yang kurang mampu,”tegas Kades Sipriyadi.(ed/dar)