Pemdes Wonoayu Perhatian Cegah Kanker Serviks dan Payudara, Sebanyak 30 Ibu-Ibu di Tes IVA

Antusias ibu-ibu warga Desa Wonoayu Kecamatan Wonoayu mempersiapkan tes IVA guna mencegah Kanker Serviks dan Payudara di Kantor Balai Desa setempat.

SIDOARJO – Pemerintah Desa (Pemdes) Wonoayu, Kecamatan Wonoayu yang dipimpin Kepala Desa (Kades), Supriyadi, BSc perhatian serius untuk pencegahan Kanker Serviks dan Kanker Payudara bagi warganya terutama para ibu-ibu. Atas perhatiannya tersebut Pemdes Wonoayu menggelar tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) kepada kaum hawa di desa setempat.

Tes IVA dan SADANIS ini Pemdes Wonoayu bekerjasama dengan Bidan Desa, Ro’idah Ulya dan Puskesmas Wonoayu. Ada sebanyak 30 ibu-ibu warga Desa Wonoayu yang antusias mengikuti tes tersebut.

Sekitar 8 atau 10 jam pelaksanaan tes IVA dan SADANIS digelar. Bila satu peserta membutuhkan waktu sekitar 15 atau 20 menit saat di tes oleh petugas kesehatan dan Bidan Desa dan Puskesmas Wonoayu.
Menurut petugas Kesehatan saat memeriksa ibu-ibu warga Desa Wonoayu, ia mengatakan kanker bisa dicegah atau bisa diobati jika terdeteksi dini. Deteksi dini salah satunya adalah melalui tes IVA dan SADANIS.

Ibu-ibu antre tes IVA demi mencegah Kanker Serviks dan Payudara di Kantor Balai Desa Wonoayu.

Oleh karenanya petugas Kesehatan yang melakukan pemeriksaan memberikan acungan jempol kepada Ibu-Ibu yang sudah berkenan dan berani melakukannya tes secara dini. Karena tidak semua berani melakukan deteksi dini. Takut kalau nanti malah ketahuan ternyata sebagai penderita kanker.

Padahal seharusnya, dengan terdeteksi dini, maka petugas kesehatan Bidan Desa dan Puskesmas Wonoayu akan tahu tindakan apa yang perlu dilakukan agar tidak sampai berakibat fatal.

Deteksi dini pada kanker serviks dapat dilakukan melalui pemeriksaan pap smear dan IVA. Saat ini, Pemerintah sedang mencanangkan deteksi dini kanker serviks melalui tes IVA.
Karena tes IVA mudah dilakukan, praktis, dapat dilakukan oleh semua tenaga medis, alat-alat yang dibutuhkan sederhana, bisa dilakukan di pusat kesehatan sederhana, dan hasilnya pun langsung dapat diketahui

Jika hasil pemeriksaan tes IVA baik, maka di anjurkan oleh Bidan Desa dan Puskesmas Wonoayu untuk melakukan tes IVA rutin berkala setiap tahun, tetapi jika hasilnya kurang baik atau tidak baik, maka akan disarankan melakukan pemeriksaan lanjutan yaitu melalui pap smear, guna bisa dilakukan perawatan dan rehabilitasi lebih lanjut.

Dijelaskan mengenai teknis pelaksanaan pemeriksaan tes IVA, dengan tujuan agar peserta tidak kaget dan malu pada saat melakukan pemeriksaan tes IVA, dikarenakan telah memahami maksud tindakan pemeriksaan yang dilakukan tenaga medis nantinya. (dar)