Pemdes Wonokasian Sukses Bagi BLT-DD Tahun 2021 Triwulan Pertama

Kades Wonokasian, Sunariyono menyempatkan waktunya untuk membagikan BLT-DD Tahun 2021 Triwulan Pertama untuk warganya yang berhak menerima.

SIDOARJO – Pemerintah Desa Wonokasian, Kecamatan Wonoayu sukses menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bulan Januari hingga Maret (Triwulan Pertama) Tahun 2021 yang diberikan kepada warga yang terdampak Covid 19.

Bantuan ini dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak Covid-19 dan mata pencahariannya hilang di masa pandemi. Acara tersebut digelar di Pendopo Balai Desa setempat Senin (3/5/2021).

Kepala Desa (Kades) Wonokasian Sunariyono mengatakan, bahwa penerima BLT-DD di Desa Wonokasian tersebut berjumlah 42 KPM. Dari semua penerima dan calon penerima telah memenuhi tiga kretiria yakni, berpenghasilan rendah dan belum mendapatkan Bansos (Bantuan Sosial) dan terdampak situasi pandemi Covid-19.

“Tidak mudah mencari warga dengan kriteria tersebut, sebab sebagian warga sudah ada yang mendapat bantuan lain dari pemerintah,”jelas Kades Sunariyono.

Untuk itu sebagai bentuk kehati-hatian pendataan daftar penerima, Pemdes melakukan dengan Musyawarah Desa (Musdes) dan semua dilakukan dengan transparan. Dalam kegiatan juga disaksikan oleh Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, LPMD, dan Pendamping Desa.

Warga Wonokasian saat antre menerima Bansos BLT-DD Tahun 2021.

Bansos ini merupakan hak mereka akibat dampak Covid-19 yang kita hadapi. Untuk pembagian BLT- DD kali ini setiap KPM mendapat Rp 900 ribu.

Sunariyono menambahkan, dengan adanya bansos BLT-DD ini Pemdes Wonokasian berharap kepada penerima manfaat agar menggunakan bantuan ini sebaik-baiknya. Seperti digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan supaya bisa bertahan hidup di masa pandemi Covid-19.

Tujuan utama pemerintah menyalurkan bansos supaya manfaat. Sehingga warga masyarakat yang terdampak Covid-19 yang kehilangan mata pencaharian dan kurang mampu dapat memenuhi kebutuhan pangannya.

“Semoga wabah virus Corona ini cepat berakhir. Kami selaku Pemerintah Desa merasa berterima-kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah yang telah mendukung penuh kegiatan ini,”harap Kades Sunariyono.(ed/dar)