Perbedaan Pendapat Antara Eksekutif dan Legislatif Dilebur Halal bi halal Saling Memaafkan

SIDOARJO – MN.Net

Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah, SH, M.Hum mengawali untuk bersalaman saling memaafkan dengan Ketua DPRD, H Sullamul Hadi Nurmawan, S.Thi diikuti oleh Forkopimda dan jajaran Kepala OPD, Selasa (11/06/2019). (foto : daryanto/MN.Net)

Sejarah halal bi halal ada di Indonesia sejak era Presiden Soekarno Tahun 1948 yang dicetuskan oleh KH Wahab Chasbulloh dan Ro’is Syuriyah Nadlatul Ulama (NU), KH Masdar Farid Mas’udi. Tujuannya, untuk meradam situasi politik yang tidak sehat di Indonesia.

Demikian sambutan Ketua DPRD Sidoarjo, H Sullamul Hadi Nurmawan, S.Thi dihadapan Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah, SHG, M.Hum, jajaran Forum Komunikasi Daerah (Forkompimda) dan seluruh anggota DPRD Sidoarjo, Sekretariat Dewan, jajaran Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Selasa (11/06/2019).

“Presiden Soekarno akhirnya meredam situasi politik dengan mengundang para tokoh Indonesia untuk halal bi halal. Mengajak bersalaman tangan saling memaafkan. Akhirnya situasi politik menjadi redam,”tegas H Sullamul Hadi Nurmawan.

Ketua DPRD Sidoarjo, H Sullamul Hadi Nurmawan, S.Thi, saat memberikan sambutan menyampaikan sejarah asal muasal halal bi halal sejak Presiden Soekarno dicetuskan dengan KH Wahab Chasbulloh, kiai NU, Selasa (11/06/2019). (Foto :daryanto/MN.Net)

Untuk di Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo, diharapkan yang selama ini antara eksekutif dan legislatif ada perbedaan pendapat, itu maklum. Oleh karena itu, momen hari ini, yang sebelumnya kinerja pemerintahan libur Hari Raya Idul Fitri. Kini sudah saatnya untuk bekerja.

“Karena kita sudah diberi libur kerja. Kini sudah saatnya bekerja. Sebelum bekerja rapat paripurna, kita mulai dengan halal bi halal. Supaya kerja kita dan yang kita lakukan jadi halal. Maka kita harus saling memaafkan,”ujar Gus Wawan sapaan akrab ketua dewan asal PKB ini.

Usai ketua dewan memberikan sambutan, sejumlah 40 anggota dewan bersama istri masing-masing berdiri didepan, dimulai bersalaman oleh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, Forkompimda dan jajaran Kepala OPD.  (daryanto)