Politeknik Negeri Jember terus meningkatkan program pengabdian kepada masyarakat. Salah satu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yaitu pendampingan keuangan dan pajak di Gapoktan Lestari. Tim pelaksana PkM ini adalah dosen di program studi Akuntansi Sektor Publik yaitu Avisenna Harkat, SE, MM. (Ketua), Arisona Ahmad, SE, M.SA, Ak . (anggota), Dessy Putri Andini, SE, MM (anggota), Rahma Rina Wijayanti, SE, M.Sc, Ak. (anggota) dan Oryza Ardhiarisca, SE, S.Si., M. ST. (anggota). Selain itu terdapat dua orang mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan PkM ini yaitu Rifandi Arif Pratama dan Syaifur Rahman.

Polije Melakukan Pendampingan Keuangan dan Pajak di Gapoktan Lestari

Tujuan kegiatan PkM yang diselenggarakan oleh tim pengabdian jurusan manajemen agribisnis di tahun 2020 ini adalah untuk mendampingi kelompok tani yang tergabung dalam GAPOKTAN Lestari dalam hal penyusunan informasi keuangan. Pengetahuan dan ketrampilan menyusun informasi keuangan memerlukan pemahaman tentang akuntansi. Pemahaman akuntansi didapatkan melalui persamaan dasar akuntansi dan siklus akuntansi. Untuk pengetahuan akuntansi tentang persamaan dasar diinformasikan guna melengkapi penyusunan laporan keuangan secara manual.

Pengetahuan akuntansi menggunakan siklus akuntansi diinformasikan gunaa memahami penyusunan laporan keuangan secara terkomputerisasi menggunakan windows excel. Ketrampilan menyusun informasi keuangan nantinya akan menghasilkan laporan keuangan yang bermanfaat bagi kelompok tani untuk kemudahan pengajuan kredit ke lembaga keuangan dan informasi bagi perhitungan pajak.

Tim Pelakanan PkM melakukan diskusi dan pelatihan di Gapoktan Lestari

Kegiatan PkM ini dilaksanakan selama 6 bulan mulai dari Mei- Oktober 2020 yang terdiri dari diskusi dengan mitra, penyusunan materi pelatihan, tiga sesi pelatihan, dan penysunan laporan PkM. Pelatihan pertama terkait pendampingan keuangan secara manual yang dilaksanakan 24 Juli 2020. Pelatihan kedua terkait pendampingan keuangan secara komputerisasi yang dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2020. Dan pelatihan ketiga terkait perhitungan pajak dilakasanakan pada tanggal 30 September 2020.

Avisenna Harkat, SE, MM. menuturkan target yang ingin dicapai dari pengabdian ini adalah tersampaikannya pengetahuan akuntansi cara menyusun informasi keuangan, baik secara manual dan terkomputerisasi. Selanjutnya, dimanfaatkannya informasi keuangan, dalam hal ini Laporan Laba Rugi dan Laporan Posisi Keuangan bagi kepentingan pengajuan kredit dan bagi perhitungan pajak UMKM sesuai PP RI no.23 tahun 2018 dan kepentingan pengajuan kredit ke lembaga keuangan.