Sedekah Bumi, Pemdes Lambangan Gelar Tahlilan dan Doa Bersama Dengan Pertunjukkan Wayang Kulit

Kepala Desa Lambangan Mulyanto, SH saat memberi sambutan di acara Tahlil dan Doa bersama merayakan Sedekah Bumi dibulan Ruah.

SIDOARJO – Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Lambangan Kecamatan Wonoayu. Sedekah Bumi tahun ini dilaksanakan dengan Tahlilan dan Doa barsama dan dilanjutkan dengan acara pertunjukan wayang kulit pada siang harinya. Acara di gelar di Pendopo Balai Desa setempat Jumat (2/4/2021).

Kepala Desa (Kades) Lambangan Mulyanto, SH mengatakan, Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunianya yang diberikan kepada kita. Sedekah bumi adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam sebagai karunia yang besar.

Acara tahlilan dan doa bersama memperingati Sedekah Bumi Desa Lambangan, Jumat (2/4/2021).

“Tanah yang kita pijak setiap hari, kita buang kotoran di situ, kita tanam dan segala sesuatu yang kita lakukan maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi kita ini, “tutur Kades Lambangan, Mulyanto, SH.

Mulyanto menambahkan, pelaksanaan Sedekah Bumi kali ini sangat berbeda dengan tahun yang lalu. Karena kita masih dalam suasana pandemi, Sedekah Bumi kali ini dilakukan di setiap Dusun sebelum pandemi, Sedekah Bumi dilaksanakan terpusat di sepanjang jalan desa.

Pegelaran wayang kulit peringati Sedekah Bumi di Desa Lambangan, Jumat (2/4/2021).

“Di kala pandemi hanya dilakukan kegiatan Tahlil dan Doa bersama, dan siang hari di lanjut dengan pertunjukan wayang kulit. Namun demikian pelaksanaan kali ini tetap berjalan dengan khidmat dan sakral,”ungkap Mulyanto.

Ariyono selaku Ketua Panitia Kegiatan mengatakan, acara Sedekah Bumi sudah merupakan tradisi turun temurun. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat Desa Lambangan umumnya diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah dengan hasil tani, serta dijauhkan dari bala musibah wabah pandemi yang sedang melanda Indonesia pada saat ini.

“Mudah-mudahan dengan acara Sedekah Bumi ini, masyarakat Desa Lambangan selalu mendapatkan keberkahan, amiin,”harapnya. (ed/dar)