Yuk, Kenali Arti SPF dan PA Pada Kemasan Suncreen

Efek UVA dan UVB terhadap kulit.
(wartanusa.com/Facebook Allons MediSpa)

LHOKSEUMAWE, WARTANUSA.COMSunscreen atau tabir surya adalah merupakan basic skincare yang sangat penting untuk digunakan.

Tujuan penggunaan sunscreen ialah untuk menghalangi pengaruh cahaya matahari yang dapat merusak kulit. Produk ini dapat dengan mudah ditemukan di pasaran dengan berbagai merek yang variatif. Namun, pernahkah Anda memperhatikan tulisan SPF dan PA pada kemasan sunscreen? Lalu apa yang dimaksud dengan SPF dan sunscreen?

Salah satu merek skincare lokal yang mencantumkan kadar SPF dan PA pada produknya.
(wartanusa.com/Female Daily)

Dikutip dari situs anessa (dot) id, SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, yaitu pengukuran berapa lama sinar UVB yang dibutuhkan untuk memberikan efek terbakar pada kulit. Saat nilai SPF meningkat, maka perlindungan dari sinar UVB juga harus meningkat.

Dikutip dari journal (dot) sociolla (dot) com, PA merupakan singkatan dari Protection Guide of UVA yang berarti kadar perlindungan dari sinar UVA. Sistem peringkat PA ini pertama kali dikenalkan di Jepang sebagai cara untuk memberitahu level proteksi yang ditawarkan oleh sebuah produk sunscreen pada konsumen.

Sementara, simbol plus menunjukkan tingkatan pada proteksi yang tersedia. Semakin banyak simbol plus maka semakin tinggi tingkat proteksinya.

Ilustrasi UVA dan UVB yang menembus kulit.
(waranusa.com/bookingdokter.com)

Mengapa hal ini penting untuk dimiliki suatu produk sunscreen? karena SPF yang lazimnya diketahui hanya melindungi kulit dari UVB saja. Sementara itu, kulit membutuhkan keduanya untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal dari bahaya sinar UV.

SPF dapat melindungi permukaan kulit dari efek sunburn, sementara PA sebagai proteksi dari UVA dapat melindungi kulit dari dampak buruk jangka panjang, seperti tanda-tanda penuaan atau kanker kulit. Karena itu akan lebih baik jika Anda memilih sunscreen yang secara implisit mencantumkan SPF dan PA pada kemasannya.

Berapa banyak kadar SPF dan PA yang dibutuhkan?

SPF yang banyak beredar pada sunscreen di pasaran adalah SPF 15, SPF 30 dan SPF 50. Angka yang berbeda ini menunjukkan perlindungan pada sunscreen yang berbeda pula.

Menurut penelitian, 1 SPF pada sunscreen dapat melindungi kulit selama 10-15 menit sebelum terbakar oleh sinar matahari. Hal ini berarti SPF 50 akan melindungi kulit selama 500-750 menit atau setara dengan 8 jam sebelum kulit terbakar akibat sinar UVB.

Sedangkan kadar perlindungan PA pada sunscreen digolongkan oleh seberapa banyak tanda (+) yang ada setelah kata PA itu sendiri. Lebih lengkapnya, PA+ mampu berikan sedikit perlindungan UVA, PA++ mampu berikan cukup perlindungan UVA. Sedangkan PA+++ memiliki perlindungan yang tinggi dari sinar UVA, dan terakhir, merupakan PA++++ yang mampu berikan perlindungan sangat tinggi bagi kulit dari sinar UVA.

Kedua sinar UV baik A maupun B akan selalu dipancarkan oleh matahari sepanjang tahun dan radiasinya akan tetap sampai ke kulit bahkan di cuaca mendung atau saat Anda berada di dalam ruangan. Karena itu akan lebih baik jika Anda memilih sunscreen yang mencantumkan SPF dan PA pada kemasannya. (nkamila/nata)